Cara Mudah Mengecek Kinerja Busi Motor Atau Mobil


Kali ini admin mau ngasi sedikit tips mengecek keadaan busi, yang seperti kalian ketahui busi adalah barang kecil yang terdapat di bagian motor atau mibik anda namun walaupun ukurannya kecil tetapi busi sangat berperan penting dalam menyalakkan kendaraan kita.

Mungkin kalian juga sudah tahu kalau busi berperan sebagai penghantar api ke dalam mesin agar motor atau mobil yang anda miliki bisa hidup, namun apajadinya bila busi bermasalah atau jadi ngadat-ngadat saat berjalan, lebih parahnya lagi hanya karena busi bermasalah kendaraan yang kita miliki bisa mati nggak mau menyala/ MOGOK.

Waduh, kalau sudah seperti itu pasti gak ada yang tahu masalahnya ada di mana ya, eh padahal jika masalah yang seperti itu terjadi pada anda maka bisa dicek aja di bagian businya, karena masalah utamanya berada di businya.

Tetapi kebanyakan orang awam tidak tahu masalah businya ada di mana, ia mungkin karena bermasalah atau tidak bentuk dan tanda-tandanya gak kelihatan, tetapi ada sedikit cara jitu untuk mengeceknya apakah masih bisa dipakai lagi.

Ikutin ya: Pertama lepas businya dari blok mesin motor menggunakan kunci yang sesuai, biasanya kunci busi spesial, lalu bersihkan menggunakan amplas kotoran yang membandel @ gosok yang berbentuk besi ya yang kacanya jangan di gosok.


Setelah bersih lalu tempelkan busi dengan kutub massa atau body terdekat, lalu perhatikan percikan api yang keluar jika percikan api yang keluar kecil maka daya kerja si Busi sudah menurun dan segerahlah menggantinya, jika percikan besar atau banyak percikannya maka busi anda masa Strong/ masih kuat, tetapi ada juga saat di tes busi tidak mengeluarkan percikan api sedikitpun mungkin busi anda sudah mati atau karena koil yang tidak bekerja secara maksimal.

Untuk mengakalinya anda bisa buka tutup busi lalu kabel koil didekatkan dengan massa dan percikan api muncul, nah kalau percikan api muncul karena penutup busi di buka itu berarti businya yang bermasalah, segerahlah menggantinya sebelum busi yang bermasalah itu akan menghambat aktifitak motor anda.

Sekian artikel ini saya buat, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Selamat membaca artikel menarik lainnya.
Cara Mudah Mengecek Kinerja Busi Motor Atau Mobil Cara Mudah Mengecek Kinerja Busi Motor Atau Mobil Reviewed by Teknologi IM on 8:57 PM Rating: 5
Powered by Blogger.